MEMPERINGATI HARI ULANG TAHUN REPUBLIK INDONESIA YANG KE-78

  • Aug 16, 2023
  • Admin Sukamanah-Jonggol

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah hari libur nasional di Indonesia untuk memperingati proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, yang merupakan deklarasi independensi bangsa Indonesia.

Setiap tanggal 17 agustus, warga indonesia termasuk warga desa sukamanah merayakan dan mensyukuri peringatan kemerdekaan bangsa Indonesia dengan melakukan upacara bendera serta biasanya diselenggarakan di tempat Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor.

 

hal yang perlu diketahui untuk memperingati dan merayakan tgl 17 Agustus :

Kewajiban Mengibarkan Bendera

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan Indonesia pada Pasal 7 ayat 3 mengatur tentang kewajiban mengibarkan bendera merah putih bagi setiap warga negara yang memiliki hak penggunaan rumah, gedung kantor, satuan pendidikan, transportasi publik dan transportasi pribadi di wilayah Indonesia, serta kantor perwakilan diplomatik Indonesia di luar negara pada tanggal 17 Agustus. Sekarang, pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih selama sebulan penuh pada bulan Agustus dari tanggal 1 hingga tanggal 31 untuk memperingati HUT RI.

Selain mengibarkan bendera merah putih, masyarakat juga memasang umbul-umbul dengan pola merah putih pada sepanjang jalan desa, kota dan provinsi serta menghiasi lingkungan dengan nuansa merah putih sebagai representasi dari warna bendera negara sebagai wujud nasionalisme untuk memeriahkan hari kemerdekaan.

Upacara Bendera

Upacara dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan Bangsa Indonesia dilaksanakan pada pagi dan sore hari pada tanggal 17 Agustus. Pada pagi hari, dilaksanakan upacara peringatan detik-detik proklamasi dan pengibaran bendera merah putih serta pada sore hari dilaksanakan upacara penurunan bendera merah putih, ini dilaksanakan baik di tingkat pusat (Istana Merdeka), provinsi, kabupaten/kota, hingga luar negeri.

Pada tanggal 17 Agustus 2023 pukul 08.30 Wib, masyarakat serta Perangkat Desa Sukamanah Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor mendatangi Gelanggang Olahraga Masyarakat (GOM) yang bertempatan di wilayah Desa Jonggol Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor mengikuti Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 dengan tema "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju",